Close
Close

Insentif Togama dan Toa Bakal Dinaikan Tahun 2016


Namrol, SBS.
Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dibawah kepemimpinan Bupati Tagop Sudarsono Soulissa dan Wakil Bupati Buce Ayub Seleky terus merealisasikan bentuk penghormatan pihaknya terhadap para tokoh agama (Togama) dan tokoh adat (Toa) yang ada di Kabupaten Bursel ini dengan memberikan insentif bagi ratusan Togama dan Toa setiap tahunnya.
Bentuk perhatian dan penghormatan itu terus diimplementasikan pihaknya dengan menganggarkan anggaran yang cukup fantastis dalan setiap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bursel dari tahun ke tahun, sebab Tagop dan Buce sadar betul bahwa pemerintahan yang dipimpinnya dapat berjalan baik, tidak terlepas dari kontribusi para Togama dan Toa yang turut menopangnya.
Terkait itu, Tagop berjanji akan segera menaikan insentif para Togama dan Toa pada Tahun 2016 nanti dalam APBD Kabupaten yang dipimpinnya itu.
“Insya Allah kalau tetap dilanjutkan, maka insentif akan semakin naik. Dimana, kalau sekarang Rp. 250.000, maka kedepan insya Allah akan naik lebih dari itu,” kata Tagop diselah-selah peletakan batu pertana pembangunan gedung Kantor Wilayah Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) yang berlokasi di Kilo Meter II Namrole, Selasa (10/11).
Walau begitu, Tagop belum memastikan berapa besar insentif itu akan dinaikkan, namun menurutnya apa yang telah dilakukannya bersama Wakil Bupati Bursel, Buce Ayub Seleky selama ini telah menjadi contoh yang baik bagi pemerintah Kabupaten/Kota lainnya di Maluku.
“Bagaimana penghargaan Pemerintah Kabupaten Bursel terhadap para tokoh-tokoh agama, seluruh masyarakat adat yang diberikan oleh pemerintah Bursel ini bagi mereka semua dan inilah yang sempat kemarin diberikan apresiasi oleh Gubernur Maluku bahwa belum ada terjadi di Kabupaten/Kota lain yang memberikan insentif bagi Togama dan Toa. Jadi, baru di tahun mendatang ini dikonsultasikan Kabupaten/Kota lain mau buat sama dengan kita,” ujar mantan Kepala BAPPEDA dan Litbang Kabupaten Bursel itu.
Olehnya itu, dirinya berharap agar pemberian insentif itu dapat menunjang tugas-tugas Togama dan Toa kedepannya yang tentu saja bakal berkontribusi pula dalam pembangunan keumatan dan kemasyarakatan di Bumi Fuka Bipolo tercinta ini.

“Saya pribadi sangat konsisten dengan apa yang menjadi program pemerintah daerah dan komitmen saya dengan Pak Buce serta seluruh masyarakat untuk bagaimana melihat proses pembangunan keumatan dan masyakarat kita di daerah ini,” tuturnya. (SBS02)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post