Close
Close

Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bursel Dibentuk Tahun Ini

Namrole, SBS.
Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dibawa kepemimpinan Bupati Tagop Sudarsono Soulissa dan Wakil Bupati, Buce Ayub Seleky tahun ini akan membentuk Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bursel terpisah dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) yang saat ini dipimpin oleh Nataniel Solissa selaku Kepala Dinas.
Hal itu dikatakan Bupati Kabupaten Bursel, Tagop Sudarsono Soulissa kepada Suara Buru Selatan disela-sela ujicoba KM Tanjung Batu Peka, pekan kemarin.
Tagop menjelaskan bahwa pembentukan SKPD baru ini, merupakan tuntutan nasional sesuai surat edaran dari pemerintah pusat.
“Itu tuntutan nasional. Jadi sudat edaran dari pemerintah pusat untuk ditambah SKPD yang berkaitan di bidang olahraga dan kepemudaan,” kata mantan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bursel tersebut.
Menurut Tagop, pembentukan ini guna mendukung program nasional dalam rangka Indonesia emas sehingga proses pembinaan olahraga dan kepemudaan harus dimulai sedini mungkin dari tingkat Sekolah Dasar (SD).
“Karena dalam rangka Indonesia emas kita harus membina generasi muda sedini mungkin mulai tingkat SD. Jadi pembinaan olahraga bukan nanti pada saat besar tetapi ternyata dari tingkat dasar,” ucap kader PDIP itu.
Tagop yang kembali terpilih untuk kedua kalinya memimpin Kabupaten Bursel bersama Wakilnya Buce Ayub Seleky ini mengatakan,  pengembangan pemuda dan olahraga harus ada lembaga khsusus. Sebab, tidak bisa lagi bernaung dibawah dinas pendidikan, agar dalam pengelolaanya bisa dilakukan secara baik.
“Nah, disini harus ada lembaga khusus di daerah yang mengelola itu secara baik. Kalau masih bernaung dengan dinas pendidikan nanti konsentrasi juga tidak terfokus. Makanya lebih baik sesuai surat edaran pemerintah pusat kita akan membetuk Dinas Pemuda dan Olahraga,” tuturnya.
Tagop juga mengaku bahwa terkait maksud itu, semua persyaratan kelembagaan pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga sudah disiapkan.

“Rencana dilakukan tahun ini, semua format kelembagaan kita sudah siapkan nanti minimal dengan Peraturan Bupati (Perbup) dulu,” tutur birokrat tulen yang telah pensiun dini untuk bergabung sebagai kader PDIP sejak Tahun 2015 itu. (SBS-02)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post