Close
Close

DPRD Bursel Tetapkan 20 Agenda Dalam Masa Sidang III

Namrole, SBS.
Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Rabu (03/08) telah menetapkan sebanyak 20 agenda dalam Masa Sidang III Tahun Sidang 2016.
Penetapan itu dilakukan dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang III yang di pimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bursel, Gerson Eliezer Selsily di Ruang Rapatb Paripurna DPRD setempat.

Paripurna tersebut diikuti oleh 13 anggota DPRD setempat. Sedangkan, dari pihak eksekutif, dihadiri oleh Plh Sekda Kabupaten Bursel Bernadus Waemesse dan belasan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Bursel.
20 agenda yang telah ditetapkan itu terdiri dari Paripurna Pembukaan Masa Sidang III Tahun Sidang 2016; Paripurna Penyampaian Hasil Reses; Laporan Realisasi Semesteran Pertama APBD Tahun 2016; Pengawasan DPRD terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun 2016; Pembahasan Hasil Audit BPK RI Perwakilan Maluku; Pembahasan LPJ Bupati Tahun Anggaran 2016; Perjalanan Dinas Komisi.

Selanjutnya, Pembahasan Surat-Surat Masuk; Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD; KUA/PPAS Perubahan; APBD Perubahan; Study Banding; General Cek Up; Diklat Lemhanas; Perjalanan Dinas Dalam Daerah; Pembahasan KUA/PPAS APBD 2017; Pembahasan APBD 2017; Perjalanan Dinas Luar Daerah; Pembahasan Ranperda dan Penutupan Masa Sidang III Tahun Sidang 2016.
Selsily dalam sambutannya diselah-selah Rapat Paripurna itu mengatakan agenda Masa Sidang III ini diarahkan sebagai upaya penyatuan kebijakan pemerintah berdasarkan kebutuhan masyarakat dan kepentingan daerah, termasuk aspirasi masyarakat yang telah diserap melalui pelaksanaan kegiatan Reses Anggota Dewan untuk mengakhiri Masa Sidang II beberapa waktu lalu.

“Rumusan Agenda Dewan tersebut merupakan implementasi pelaksanaan tugas-tugas DPRD dalam kerangka penyelenggaraan pemerintahan dalam setiap masa sidang sesuai fungsi dan tanggung jawab DPRD sekaligus sebagai upaya menjawab kebutuhan masyarakat, disamping menjalankan urusan-urusa pemerintahan lainnya dengan tetap memperhitungkan tantangan yang kita hadapi kini dan yang akan datang,” kata Selsily yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bursel itu.
Dengan demikian, lanjut Selsily, komunikasi yang intensif dan harmonisasi hubungan kemitraan antara Pemerintah Daerah dengan DPRD dalam bentuk sinkronisasi kebijakan bersama maupun pelaksanaanya harus dapat dioptimalkan guna menopang Pemerintah Daerah untuk mengola potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Bursel dengan memanfaatkan hasilnya untuk sebesar-besarnya kepentingan masyarakat.

Dimana, untuk dapat melaksanakan agenda dimaksud, dibutuhkan persetujuan bersama seluruh anggota DPRD sebagai dasar penetapannya.
Selaku Pimpinan DPRD, Selsily mengharapkan sungguh agar seluruh Alat Kelengkapan untuk dapat menjalankan tugas-tugasnya secara profesional, efektif dan efisien dalam mengimplementasikan setiap agenda secara konsisten dan bertanggung jawab, terutama dalam membina komunikasi terhadap tindak lanjut laporan konstituen yang diterima Anggota DPRD secara langsung pada daerah pemilihan masing-masing, sebagai referensi utama penyusunan Program Kerja Lembaga melalui Komisi, Badan, maupun Pansus DPRD.

“Untuk itu, DPRD senantiasa meminta saudara Bupati dan seluruh jajarannya untuk dapat mengkoordinasikan penyelesaian masalah-masalah pokok yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat bersama DPRD dalam semangat Lolik Lalen Fedak Fena,” pintanya.
Berkenaan dengan hal tersebut, Pimpinan DPRD berkeinginan agar seluruh Pimpinan Fraksi dapat mengarahkan anggotanya masing-masing untuk berperan secara aktif dalam seluruh proses pelaksanaan agenda nantinya. Dan selaku mitra kerja, DPRD meminta jajaran eksekutif untuk pro aktif dalam mengikuti setiap kegiatan DPRD serta mampu memelihara kesinambungan komunikasi bersama dalam mencapai tujuan kemaslahatan.

“Saya yakin sungguh bahwa, apabila kita konsisten terhadap tanggung jawab, fungsi dan kewenangan lembaga terhormat ini, maka seluruh target agenda tersebut akan mampu terlaksana dengan baik,” ujarnya.
Pada akhirnya, tambah Selsily, untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas penting ini, DPRD senantiasa mengharapkan dukungan, peran serta dan bantuan semua pihak, terutama masyarakat, Pemerintah Daerah maupun rekan-rekan pers untuk bersinergi bersama lembaga ini guna menunjang pelaksanaan agenda DPRD yang telah ditetapkan serta mensosialisasikan hasilnya kepada masyarakat luas.


Pada kesempatan yang baik itu pula, selaku Pimpinan, Selsily mengajak semua Anggota DPRD, agar memasuki Masa Sidang III ini dapat berupaya mempergunakan waktu sebaik mungkin dalam menjalankan tugas, fungsi dan tanggung jawab kelembagaan. (SBS-03)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post