Close
Close

Camat Fena Fafan Janji Segera Lunasi Tunggakan Raskin

Namrole, SBS
Kecamatan Fena Fafan merupakan penunggak Beras Miskin (Raskin) terbanyak di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Tahun 2016, yakni mencapai kurang lebih Rp. 90 juta. 


Dimana, untuk keseluruhan tunggakan Raskin di Kabupaten Bursel mencapai Rp. 230 juta yang tersebar pada lima kecamatan, yakni Fena Fafan, Namrole, Leksula, Waesama dan Ambalau.

Sementara Kecamatan Kepala Madan yang di pimpin oleh Camat Risno Taweri telah lunas.

Terkait tunggakan yang cukup besar di Kecamatan yang dipimpinnya, Camat Fena Fafan Robinson Biloro mengaku akan berupaya melunasi seluruh tunggakan Raskin tersebut kepada pihak Divisi Regional (Divre) Perum Bulog Maluku.

“Kami akan upayakan untuk segera melunasinya,” kata Biloro kepada wartawan di Kantor Bupati Bursel, kemarin.

Biloro mengaku bahwa tunggakan yang harus dilunasi itu sekitar Rp. 90 juta yang merupakan harga Raskin sebanyak 50 ton.

“Tunggakannya sekitar Rp. 90 juta dari 50 ton Raskin,” terangnya.

Dimana, lanjut Biloro, tunggakan itu merupakan tunggakan bulan Januari-Agustus Tahun 2016. Sebab, untuk Raskin bulan September-Desember 2016 belum diterima pihaknya.

“Ini tunggakan Raskin sampai bulan Agustus 2016 lalu. Sedangkan, untuk Raskin bulan September-Desember 2016 belum kami terima,” tuturnya.

Sebelumnya, Kapala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Bursel, David Seleky mengatakan, berdasarkan hasil koordinasinya dengan pihak Bulog bahwa distribusi Raskin itu sampai bulan Agustus 2016 saja karena ada banyak tunggakan yang belum dilunasi.

“Sampai Agustus 2016 saja, bulan September sampai Desember belum dikarenakan tunggakan dari Camat-Camat sehingga Bulog tidak bisa distribusi,” jelas Seleky.

Dikatakan, bila tunggakan itu dilunasi, maka dengan sendirinya pihak Bulog akan melakukan distribusikan Raskin yang tersisa itu.

Untuk enam kecamatan yang ada di Kabupaten Bursel, jelas Seleky hanya  Kecamatan Kapala Madan yang sudah melunasi pembayaran Raskin ke pihak Bulog hingga Desember 2016, sementara lima kecamatan lainnya yakni Kecamatan Ambalau, Kecamatan Namrole, Kecamatan Fena Fafan, Kecamatan Waesama dan Kecamatan Leksula belum melunasi tunggakan ke Bulog.

“Tetapi lima kecamatan yang lain belum karena masih ada tunggakan, dan tunggakan terbesar ada pada kecamatan  Fena Fafan,” ungkap Seleky.

Namun hasil koordinasi dengan Camat Fena Fafan Robinson Biloro berjanji akan segera merealisaikan tunggakan itu.

Seleky juga membeberkan besar tunggakan untuk 5 kecamatan sebesar Rp. 230 juta lebih dan untuk Kecamatan Fena Fafan, Seleky mengaku harus lihat daftarnya agar tidak salah menyebutnya. (SBS-01)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post