Close
Close

Tim Kemendagri Melakukan Verifikasi Batas Kabupaten Bursel Dan Buru


Namrole,  SBS
Tim dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Direktorat Jendral Bina Adimistrasi  Kewilayaan  melakukan verifikasi factual terkait  status Batas Wilayah Desa Batu karang dan Desa Waehotong yang sejauh ini menjadi polimik oleh  Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Verifikasi Batas Daerah oleh Tim Kemendagri  ini,  berlangsung  di Desa Waehotong dan Desa Batu Karang, dengan menghadirkan keterwakilan dari pihak Kemendagri, unsure Pemerintah  Kabupaten Buru Dan Bursel pada,  Rabu (25/10).

Tim  Kemendagri  saat turun ke  Desa Waehotong dibawah koordinator, Drs Wardani Kasubid Batas antar Daerah Wilayah Tiga Kemendagri dan anggotanya, Dra Atika Rafika, Msi, Kasi Batas antar Daerah Wilayah 3 B, Roy Tobing Staf Batas antar Daerah Wilayah 3, artar Anis dari Dirtop di Topat Angkatan   Darat ditambah perwakilan dari Propinsi.

Hadir Pemerintah Kabupaten Bursel untuk menyaksikan ferifikasi lapangan oleh Tim Kemendagri yakni Ir Sahroel Pawa, Sekda Bursel, Lahmidi Wakil Ketua Dewan (PAN), Anggota DPRD, Ridwan Nurdin (Nasdem), Masrudin Soulisa (PPP), Ismed Tio Kabag Kesbang Linmas Pol, Kadis Pendidikan, Natanel Soulisa, Kadis Sosial, Rifai Bantam, Kepala Satpol PP Asnawi Gay serta Camat Kepala Madan, Risno Taweri dan Kepala Desa Waehotong, Laridu.

Dari pihak  Pemerintah Kabupaten Buru  yakni, Wakil Bupati Buru, Amustofa Besan,Aziz Hentihu,  Wakil Ketua Dewan Kabupaten Buru (PPP), Mansur Mamulati, Asiten II Setda Buru.

Berdasarkan Pantawan Koran ini, pelaksanaan  Verifikasi lapangan oleh Tim Kemendagri bersama pemerintah Daerah Bursel dan Bursel di  Desa Waehotong,berjalan dengan baik, dimana Tim melakukan pengukuran titik koordinat dengan menggunakan GNSS GPSmap 76Cs, sebagai data pelengkap status wilayah tersebut.

Selain itu, Tim juga memeriksa dan memverifikasi sejumlah data, objek  Fisik dari bangunan pemerintah, baik  yang dibangun oleh Kabupaten Buru dan Kabupaten Bursel berdasarkan T.A berjalan.

Saat pengambilan data oleh tim, masing  - masing Kabupaten,terlihat  mempresentasikan sejumlah Bukti Fisik  yang ada di lapangan baik itu  milik Kabupaten Buru dan Bursel  untuk di potret dan di catat oleh tim sebagai data Faktual.

Dimana, data verifikasi  Tim, terdata untuk  objek Bangunan Fisik yang dibangun oleh Kabupaten Bursel yaitu, bangunan  Kantor Desa,Balai Desa, Mesjid, SD Infres, Pamsimas (Air bersih), Jembatan, Lapangan Jemur, Selokan, Bangunan Rumah  dan  Talud. Yang belum terdata sesuai laporan Kepala Desa, Laridu,   ada  sekitar 18 aitem bangunan Fisik milik Kabupaten Bursel, katanya akan di usulkan kembali.

Sementara hasil rekapan tim   untuk   Kabupaten Buru   yaitu, Mesjid ,Bangunan Rumah bantuan,  pondasi Paud, Tanjung  Balpetu.

Selanjutnya, untuk Desa Batu karang Tim Kemendagri dibawah koordintaor Direktur Toponimi, dan Batas Daerah Ditjen Adimistrasi Kewilayaan Kemendagri, Tumpak Simanjuntak, bersama Staf, Wakil Bupati Bursel, Ayub Saleky, Anggota DPRD Bursel  Sami Latbual (PDIP)  dan  Sekda Buru, Pa Asagaf ,  bersama – sama melakukan Verikasi Faktual  sejumlah bukti Fisik objek  Pembangunan Desa Batu Karang baik itu dari Kabupaten Buru dan Bursel.

Drs Wardani Kasubid Batas antar Daerah Wilayah Tiga Kemendagri saar di Desa Waehotong mengatakan, Lewat Verifikasi Faktual  sejumlah Data di lapangan Baik untuk Desa Waehotong dan Desa Batu karang, selanjutnya tim akan segera memutuskan hasilnya  di pusat nanti dengan mengahdirkan Dua kabupaten, Buru Dan Bursel.

“ Terkait Dokumen  Pendukung akan di sampaikan oleh masing kabupaten paling lambat pada 8 November 2017, “Jelas Wardani.


Sementara itu, Masyarakat Desa Waehotong yang Namanya enggan di korankan, mengharapkan kepada Tim Kemendagri agar persoalan Batas Wilayah, baik itu  Desa Batu Karang dan Waehotong dapat terselesaikan, sehingga kami sebagai Masyarakat jangan di korbankan akibat perebutan Desa oleh pemerintah Kabupaten Buru dan Bursel. (SBS-04)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post