Close
Close

Empat Puskesmas di Bursel Diagreditasi


Nanrole, SBS
Dari 12 Puskesmas yang ada saat ini di Kabupaten Buru Selatan ada 4 buah Peskesmas yang telah di Akreditasi. Namun masuk dalam kategori apa belum diketahui.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buru Selatan Ibrahim Banda kepada awak media di Namrole, Kamis (1/2).

"Akreditasi Puskesmas itu pembiayaannya dari pusat lewat dana bantuan pusat masuknya ke APBD dan dilaksanakan secara bertahap pada 2017 lalu," jelas Banda.

Menurutnya, anggaran tersebut diperuntukan melalui tahap awal hingga sampai pada pendampingan sampai dengan turun lapangan.

Jelas Banda, yang melakukan survei itu adalah orang-orang yang dipilih oleh Kementrian dan pelaksanaannya sudah selesai pada 2017 ada 4 Puskesmas.

Dijelaskan keempat puskesmas itu yaitu puskesmas Leksula, Puskesmas Namrole, Puskesmas Oki Baru dan Puskesmas Wamsisi.

"Sudah selesai di laksanakan. Cuman kita masuk kategori mana belum tahu sampai hari ini, kata Banda.

Dari empat puskesmas itu sebut Banda ada 3 Puskesmas Rawat Inap yakni puskesmas Namrole, Puskesmas Leksula dan Puskesmas Wamsisi. Sedangkan satunya puskesmas non rawat inap yakni Puskesmas Oki Baru.

Syarat apa saja, kata Banda bahwa syaratnya standar saja sesuai dengan PP Nomor 75 Tahun 2016 yang tujuannya dalam rangka peningkatan mutuh pelayanan

"Di setiap puskesmas harus memiliki peralatan apa saja apa saja, itu harus disiapkan," ujarnya.

Untuk tenaga dokter pada puskesmas-puskesmas itu, jelas Banda bahwa di setiap puskesmas itu ada tenaga dokternya yang dibiayai oleh APBD.

"Kita disini baru 12 puskesmas dan 4 puskesmas yang sudah di agreditasi yaitu puskesmas yang disebutkan tadi itu ada dokternya," jelas Banda seraya tambahkan bahwa dokter-dokter itu kontrak yang dibiayai oleh daerah.(SBS-08).

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post