Close
Close

Pemkab Bursel dan DPRD Tandatangani KUA PPAS Tahun Anggaran 2019


Namrole, SBS 

Setelah melalui proses pembahasan di tingkat Badan Anggaran (Banggar) dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Pemkab Buru Selatan bersama DPRD Kabupaten menandatangani Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas serta Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2019.
Penandatanganan tersebut dilaksanakan dalam rapat paripurna yang digelar di ruang sidang paripurna DPRD setempat, Rabu malam (21/11) pukul 22:00 WIT dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bursel, Arikilaus Soulisa.
Wakil Bupati Bursel, Ayub Saleky dalam sambutannya menyampaikan bahwa KUA-PPAS 2019 diajukan dalam rangka penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2019. Di mana dokumen tersebut disusun mengacu pada dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).
"KUA-PPAS merupakan rancangan program prioritas dan patokan batas maksimal anggaran yang diberikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk setiap program dan sebagai acuan penyusunan Renja OPD," ucap Seleky.
Lanjut Seleky, kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah disusun dengan tujuan merumuskan antara rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta mengatur rincian perkiraan alokasi anggaran yang merupakan pedoman dalam penyusunan rancangan APBD yang telah disepakati oleh DPRD dan Pemerintah Daerah.
Sementara tujuan penyusunan prioritas dan plafon anggaran adalah untuk menetapkan urutan prioritas program dari setiap urusan pemerintahan, serta menentukan plafon anggaran untuk setiap program di setiap program masing-masing perangkat daerah, sekaligus pedoman dalam penyusunan tahapan perencanaan selanjutnya, berupa penyusunan rancangan anggaran pendapatan belanja dan daerah.
Wakil Bupati dua periode ini berharap dengan jumlah pagu indikatif OPD tahun anggaran 2019, maka penggunaan APBD 2019 benar-benar bisa maksimal dan efektif dalam rangka mewujudkan masyarakat Bursel yang  sejahtera, adil dan makmur.
Rapat paripurna tersebut turut dihadiri Wakil Ketua Dewan dan para anggota DPRD, PLT Sekda Bursel, A.M Laitupa, jajaran OPD Pemkab Bursel, Pimpinan TNI Polri dan undangan lainnnya. (SBS/05)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post