Close
Close

Bupati Bursel Buka Kejurda Catur Tingkat Provinsi


Namrole, SBS 
Kabupaten Buru Selatan sebagai tuan rumah Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur tingkat provinsi Maluku sudah membuktikan keseriusan Pemda dalam menghadapi even-even olahraga tingkat provinsi.

Partandingan Kejurda Catur tingkat Provinsi yang baru perdana dilaksanakan di Bursel dibuka langsung oleh Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa, Jumat sore (6/9) berlangsung di Gedung seba guna Pemda Bursel.

Total bonus yang disiapkan oleh Pengcab Percasi Kabupaten Buru Selatan sebesar puluhan juta bagi para juara.

Selain bupati Tagop Sudarsono Soulisa yang juga Ketua Umum Koni Buru Selatan, hadir juga Sekertaris Percasi Provinsi Maluku, Abdullah A. Asagaff, Sekertaris Koni Buru Selatan Arsad Souwakil, pimpinan TNI/Polri, Asisten II Rony Lesnussa, pimpinan OPD/SKPD dan para peserta Kejurda Catur dari berbagai daerah di Maluku.

Bupati dalam sambutannya mengharapkan Kerjuda Catur yang digelar ini akan menjadi batu loncatan serta kejuaraan lainnya yang telah dilaksanakan sebelumnya.

"Kita suda memiliki beberapa fasilitas olahraga yang baik untuk kejuaraan-kejuaraan. Tetapi untuk lejuaraan yang besar, infrastruktur kita masih sangat terbatas tetapi untuk kejuaraan didalam gedung, saya kira gedung (Serba Guna) ini cukup reptesentatip, juga beberapa gedung lainnya di Buru Selatan bisa dimanfaatkan," jelas Tagop Soulisa.

Bupati dua periode ini mengungkapkan, dalam persiapan kejurda ini ini agak tergopo-gopo pelaksnaannya karena kondisi keuangan Koni sementara kekurangan karena sudah banyak dikeluarkan pada kegiatan - kegiatan koni di awal tahun.

"Karena memang situasi kondisinya pas pada saat mau disanpaikan ke saya, saya bilang kondisi keuangan di Koni serat karena banyak kegiatan diakhir tahun ini," ujarnya.

Kendati demikian, kata Tagop, kegiatan ini tetap dilaksanakan saja, dengan tidak mengurangi kualitas dari Kejurda ini.

"Muda-mudahan tidak mengurangi kualitas yang nantinya menghasilkan atlit catur yang berkualitas yang bisa mewakili Maluku di kejuaraan tingkat nasional dan kejuaraan lainnya," harap Tagop.

Tagop yang juga Bupati dua periode ini mengungkapkan, akan ada bonus untuk para juara kejurda karena tanpa adanya itu (bonus), tentunya motivasi peserta  akan menurun.

“Tanpa ada fulus notivasi pasti menurun. Ini hanya untuk meningkatkan semangat juang para peserta,” akuinya.

Mengkahiri sambutannya Tagop memberikan selamat kepada para peserta Kejurda Catur, dengan harapan pertandingan secara sportip dan juga kepada dewan juri bisa lebih sportolip juga.

Sedangkan Sekretari KONI Bursel, Arsad Souwakil yang mewakili Ketua Panitia Percasi Bursel kepada wartawan mengatakan untuk peserta pada Kejurda ini akan diikuti oleh lebih dari 50 peserta yang terdiri dari Kota Ambon, Kabupaten Buru, Kabupaten Bursel, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

“Saat ini belum semuanya teregistrasi, tapi ada sekitar 50 lebih peserta yang akan bertanding pada Kejurda kali ini,” terang Souwakil.

Untuk hadiah perlombaan, Souwakil menuturkan, para peserta yang nantinya menjadi juara akan memperoleh Piala, sertifikat serta Bonus uang pembinaan.

“Untuk juara 1 dapat Piala, sertifikat serta Bonus Rp. 7 Juta, juara 2 dapat Piala, sertifikat serta Bonus Rp. 5 Juta, juara 3 mendapatkan Piala, sertifikat serta Bonus Rp. 3 Juta, juara 4 dapat sertifikat serta Bonus Rp. 1 Juta dan juara 5 dapat, sertifikat serta Bonus Rp. 500 ribu, sedangkan untuk juara 6 sampai juara 10 mendapatkan sertifikat dan bonus masing-masing Rp.300 ribu,” jelasnya. (SBS/02)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post