Close
Close

Hadapi ANBK Tahun 2022, SMPN 42 Buru Sukses Lakukan Gladi Bersih

Namlea, SBS
Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program penilaian terhadap mutu setiap Sekolah, Madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. 


Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. 


Satuan Pendidikan SMP Negeri 42 Buru yang beralamat pada desa Siahoni telah selesai melaksanakan gladi bersih ANBK Tahun 2022 jenjang SMP/MTs yang berjalan selama dua hari, yakni pada 12-13 Agustus 2022 atau gelombang I. 


Kegiatan yang berlangsung di ruang Guru SMP Negeri 42 Buru ini di diikuti oleh siswa kelas VIII sesuai petunjuk teknis pelaksanaan ANBK Tahun 2022.


Dalam pelaksanaanya, SMP Negeri 42 Buru menyiapkan 2 komputer proktor Dengan beberapa Komputer client untuk dipergunakan siswa.


"Pelaksanaan ANBK tahun 2022 kami lalukan seperti tahun 2021 kemarin yakni status mandiri dengan moda Online," ujar Kepala Satuan Pendidikan SMP Negeri 42 Buru, Irfan Sillia, Rabu (14/5/2022).


Menurut Sillia, untuk gladi bersih ANBK kali ini, setiap siswa disuguhkan soal literasi dan numerasi yang harus diselesaikan dengan waktu yang sudah ditentukan dalam petunjuk pelaksanaan.


asil pelaksanaan ANBK tidak untuk menjadi hasil untuk siswa secara pribadi atau menjadi dasar kelulusan maupun naik kelas, melainkan akan menjadi hasil raport Pendidikan sekolah atau raport mutu sekolah secara keseluruhan. Dan dengan hasil tersebut dapat dijadikan data untuk menyusun perencanaan dan program-program untuk meningkatkan mutu pendidikan kedepan. 


Kta Kepala Sekolah, pelaksanaan gladi bersih ANBK pada Satuan Pendidikan SMP Negeri 42 Buru alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar sejak hari pertama sampai hari kedua.


"Semua berjalan lancar, hal ini tidak terlepas dari kekompakan tim pelaksanaan ANBK tingkat Sekolah serta bantuan sarana prasarana yang dapat menunjang pelaksanaan ANBK, seprti 15 buah laptop Chromebook, 1 buah router serta 1 buah infokus yang diberikan oleh dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru melalui dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022," ungkapnya.


Katanya, gladi bersih ANBK adalah uji coba pra pelaksanaan ANBK di sekolah, baik bagi sekolah pelaksana dengan status mandiri maupun dengan status menumpang. 


Kegiatan ini digelar untuk memastikan risiko kendala atau kekurangan dalam pelaksanaan ANBK agar dapat diidentifikasi dan diperbaiki. 


"Dengan demikian, pelaksana gladi bersih dapat melengkapi persiapan untuk pelaksanaan ANBK yang dilaksanakan pada minggu ketiga bulan september," tutup Sillia. (SBS/10)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post