Close
Close

Kapolres Bursel Tinjau Gudang Logistik KPU

Namrole, SBS - Dalam rangka memastikan kesiapan penyelengaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 berjalan lancar dan aman serta wujud netralitas Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam mengamankan Pemilu. Kepala Kepolisian Resor Buru Selatan (Kapolres Bursel) Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) M Agung Gumilar, bersama Ketua Tim Wasops Inspektorat Pengawasan Umum Daerah (Itwasda) yakni Auditor 2 Itbid 2 Polda Maluku Komisaris Polisi (Kompol) Welhemus Minanlarat, meninjau gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bursel, yang terletak di Jalan Laksdya Leo Wattimena, Desa Lektama, Kecamatan Namrole. 

Operasi ini sebagai langkah kesiapan dalam mengamankan dan mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024. Polres Bursel yang berada didalam wilayah Hukum Polda Maluku telah melakukan operasi tersebut dengan menggunakan sandi Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku 2023-2024.

"Hari ini kita melakukan pengecekan logistik yang ada di gudang KPU Bursel tentunya untuk mengecek kesiapan kedepan dan mengetahui kendalanya," Kata Kapolres Bursel, kepada wartawan, seusai melakukan pengecekan logistik, Selasa, 21 November 2023, di Namrole. 

Menurut orang nomor satu di Polres Bursel ini, pihaknya selaku pengaman, KPU selaku penyelenggara dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) selaku pengawas bersama-sama solid dan bersinergi mensukseskan pesta demokrasi 2024 sehingga pelaksanaannya bisa langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil. 

"Pengecekan logistik nantinya akan di lakukan setiap minggu. Adapun untuk pergantian piket akan di saksikan KPU dan Bawaslu, " Ujar Agung. 

Pantauan wartawan Suara Buru Selatan, kedatangan orang nomor satu di Polres Bursel bersama rombongan, di sambut Komisioner Devisi Data dan Informasi KPU Bursel Nurdin Soumena. Seusai memeriksa ruangan gudang logistik, Kapolres Bursel juga memberikan masukan kepada pihak KPU untuk memperhatikan saluran ventilasi udara yang terbuka yang berpotensi rembesan air hujan bisa masuk dan merusak logistik Pemilu.

"Untuk ventilasi ditutup saja takutnya ada air hujan yang masuk dan harus diperhatikan supaya tidak terjadi kerusakan logistik dari adanya rayap pada lokasi Gudang Logistik," Tutur perwira dengan dua melati di pundak. 

Selain itu, Agung juga mengingatkan perlu adanya perhatian khusus untuk jaringan listrik pada Gudang Logistik guna mengantisipasi terjadinya kebakaran karena hubungan arus pendek (korsleting).

"Untuk menjamin kebutuhan keamanan pada Gudang logistik maka saya menganjurkan agar gudang tersebut perlu dilengkapi dengan CCTV, " ujar Gumilar. 

Pada kesempatan tersebut Ketua Tim Wasops yakni Auditor 2 Itbid 2 Itwasda Polda Maluku Kompol Welhemus Minanlarat, turut memberikan masukan dan penguatan kepada penyelenggara pemilu.

"Perlu adanya Sinergitas antar pihak penyelenggara demi terwujudnya pemilu yang berintegritas serta kerja sama antar instansi terutama KPU dan Bawaslu untuk melaksanakan tugas pelaksanaan pemilu mendatang. Sebab sinergitas yang kami dapat di sini luar biasa," Kata Minanlarat. 

Menanggapi masukan Kapolres Bursel dan Ketua Tim Wasops, pihak KPU Bursel yang diwakili oleh Komisioner Devisi Data dan Informasi, Nurdin Soumena mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Bursel serta rombongan dari Polda Maluku dalam melakukan pengecekan pada Gudang logistik KPU.

"Terkait dengan pemenuhan standar pengamanan logistik, pihak KPU Bursel sendiri telah diperintahkan oleh KPU RI untuk melakukan pemasangan CCTV namun sampai saat ini sedang diusahakan oleh pihak sekretariat, " Ujar Soumena. 

Turut hadir didalam kegiatan tersebut Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Bursel Ajun Komisaris Polisi (AKP) Obed Nego Reimialy, selaku Kepala Perencanaan dan Pengendalian Operasi (Karendalops), Kasat Binmas Polres Bursel Inspektur Satu (Iptu) M. Yusuf Ali, Selaku Kepala Analisa dan Evaluasi (Kanev). (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post