Close
Close

Kapolres Harap Bursel Segera Miliki Bank Darah

Namrole, SBS 
Menyikapi maraknya permintaan donor darah oleh keluarga pasien yang di rawat di Rumah Sakit Umum ( RSU ) dr Salim Alkatiri, Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan ( Bursel ). 


Akhirnya Kepala Kepolisian Resor ( Kapolres ) Bursel Ajun Komisaris Besar Polisi ( AKBP ) M Agung Gumilar mengeluarkan harapannya bagi Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Bursel, agar dapat segera membentuk bank darah. 


Harapan tersebut di kemukakan lantaran kasihan dengan personel yang di pimpinnya, kerap kali di mintai donor darah oleh keluarga pasien, demi menyelamatkan nyawa keluarga mereka. 


" Anggota kami masih terbatas, sementara permintaan bantuan untuk donor darah terus bertambah. Hal ini, menjadi salah satu faktor  penyebab, pihak Polres untuk bank darah bisa segera di miliki, khususnya di wilayah hukum Polres Bursel, " Kata Agung, kepada awak media, Sabtu, 4 Mei 2024, di kediamannya. 


Gumilar mengaku, sebenarnya pihaknya ingin melaksanakan donor darah masal, namun dengan belum adanya bank darah di Kabupaten Bursel, akhirnya donor darah itu di pending. Mengingat, paska di lakukan donor darah, belum ada tempat yang memadai untuk menyimpan darah tersebut dalam jumlah banyak. 

" Bila bank darah bisa segera di bangun di Bursel,, maka itu bisa membantu meringankan keluarga pasien dalam mencari pendonor darah, " tutur pria kelahiran 1983 ini. 


Menurutnya, mendonorkan darah ini kan tidak bisa di lakukan setiap saat, tetapi sesuai aturan minimal 3 bulan sekali. Mendonorkan darah juga memiliki persyaratan yang harus di lewati oleh calon pendonor, sebelum akhirnya bisa mendonorkan darahnya. 


"Pendonor akan melewati rangkaian pemeriksaan kesehatan untuk selanjutnya di nyatakan memenuhi persyaratan untuk mendonorkan darahnya. Kalau pendonor ada, namun karena alasan tertentu berhalangan atau di nyatakan tidak lolos akibat alasan medis lainnya, maka pendonor sama sekali tidak bisa mendonorkan darahnya, " ujar Sarjana Ilmu Kepolisian ini.

 

Orang nomor satu di Polres Bursel sangat berharap, apa yang menjadi harapannya untuk kemajuan daerah ini, bisa di sambut baik Pemkab Bursel. Karena harapannya ini, demi kemajuan Kabupaten yang mau memasuki usia ke enam belas tahun ini. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post