Close
Close

POPDA Peluang Emas Optimalkan Prestasi Olahraga di Bursel

Namrole, SBS
Pekan Olah Raga Pelajar Daerah ( POPDA ) IV Tahun 2024 dapat di manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengoptimalkan prestasi olahraga di Kabupaten Buru Selatan ( Bursel ). 

Demikian salah satu pesan Bupati Kabupaten Bursel Safitri Malik Soulisa dalam sambutannya yang di bacakan Sekretaris Daerah ( Sekda ) Kabupaten Bursel Ruslan Makatita, saat membuka POPDA IV Tahun 2024, Selasa, 28 Mei 2024, yang di pusatkan di Tribun Alun-alun Kota Namrole. 


" Saya berharap kita dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya peluang emas untuk memupuk rasa persaudaraan dan persahabatan dalam rangka meningkatkan / mengoptimalisasi prestasi olahraga di Kabupaten Bursel, " ujar Malik. 

Sehubungan dengan itu, diperlukan kerja keras dengan penuh kesungguhan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pembinaan generasi muda melalui penyelenggaraan Popda IV Tahun 2024 ini. 


" Saya sebagai pimpinan daerah sangat mensupport berbagai usulan program dinas dengan siap untuk menyediakan fasilitas penumpang sebagai infrastruktur utama olahraga yaitu pengadaan sebuah gelanggang olah raga yang dapat mengintegrasikan cabang-cabang olahraga dalam satu kawasan, " ucap Safitri. 

Sedangkan, khusus bagi pembina olahraga atau tim pemandu bakat, hendaknya dapat menggunakan momentum ini untuk memantau dan menyaring bibit - bibit atlet berbakat dan berprestasi guna di tingkatkan kemampuannya. 


" Bagi para atlit pelajar, saya berpesan agar kesempatan ini dapat dijadikan gelanggang untuk memacu prestasi, pada saat popwil maupun Popnas nanti, " kata Soulissa. 


Selain itu, Popda IV Tahun 2024 ini memiliki nilai dan arti yang strategis bagi pembinaan dan pengembangan generasi muda khususnya para pelajar. 


Sementara pembinaan dan pengembangan olah raga merupakan bagian integral dalam upaya peningkatan kualitas anak bangsa melalui peningkatan kesehatan jasmani dan rohani, selain itu juga di tujukan untuk membentuk watak, kepribadian disiplin dan sportifitas yang tinggi. Serta peningkatan prestasi yang manjadi kebanggan daerah dan nasional.

Sementara itu, dalam laporan Ketua Panitia M Saleh Lestaluhu menyebut maksud dan tujuan dari penyelenggaraan POPDA adalah sebagai wahana evaluasi terhadap penyelenggaraan pembinaan olahraga pelajar di Kabupaten Bursel. Disamping sebagai ajang seleksi atlet pelajar  Kabupaten Bursel untuk mengikuti event-event seperti popwil dan popnas di tingkat Provinsi kedepannya. 


Adapun tujuannya untuk menumbuh kembangkan minat dan kemampuan para pelajar untuk menekuni berbagai cabang olahraga, sebagai sarana untuk memupuk, memelihara dan menggalang rasa persatuan dan kesatuan antar pelajar se-Kabupaten Bursel dan juga untuk meningkatkan prestasi olahraga pelajar Bursel di tingkat Provinsi maupun nasional. 


" Peserta POPDA adalah seluruh siswa dan siswi tingkat SMP/MTS se Kabupaten Bursel yang telah mendaftar sebagai peserta POPDA IV Kabupaten Bursel Tahun 2024 dari dua Kecamatan yakni Kecamatan Leksula dan Kecamatan Namrole. Dengan total 113 peserta, " tutur Lestaluhu. 


Untuk Cabang Olah Raga ( Cabor ) yang di pertandingkan adalah sepakbola, karate putra dan putri, atletik lari 100 meter putri dan 200 putra. Ratusan peserta ini akan mengikuti POPDA dari Selasa, 28 Mei 2024 hingga Senin, 3 Juni 2024, yang di pusatkan di Alun-alun Kota Namrole. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post