Close
Close

Lima Kecamatan di Bursel Kebagian Hewan Qurban


Namrole, SBS
_Idul Adha 1445 Hijriah Tahun 2024, lima Kecamatan dari enam Kecamatan di Kabupaten Buru Selatan ( Bursel ) kebagian hewan qurban sebanyak 14 ekor sapi dari Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) setempat. 

Kelima Kecamatan yaitu, Kecamatan Namrole, Kecamatan Leksula, Kecamatan Waesama, Kecamatan Ambalau dan Kecamatan Kepala Madan.


Belasan ekor sapi tersebut di bagikan untuk sejumlah Desa di Kecamatan Namrole, dimana pembagian hewan qurban di berikan secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Bursel Safitri Malik Soulissa, Sekretaris Daerah ( Sekda ) Bursel Ruslan Makaktita, Danramil 1506/02 Leksula Kapten Inf Abas Siolon dan Kepala Satuan Lalu Lintas ( Kasat Lantas ) Polres Bursel Inspektur Satu ( Iptu ) Christofel Souisa, kepada tiga Desa yakni Desa Labuang, Desa Fatmite dan Desa Lektama. 


" Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami sampaikan bahwa Pemkab akan menyerahkan bantuan hewan qurban sebanyak 14 ekor sapi yang terbagi di lima Kecamatan meliputi, Kecamatan Namrole sembilan ekor sapi, pada lokasi masjid Al Hidayah Desa Leku, Masjid Desa Elfule, Masjid Istiqlal Desa Labuang, Masjid Nurul Hilal Desa Waefusi, Masjid As Salihin Desa Oki Lama, Masjid Jami Desa Lektama l, Mesjid Al Badrun Desa Wali, Mejid Desa Oki Baru dan Masjid Ar Rahman Desa Fatmite, " kata Bupati Bursel, saat membacakan sambutan, pada penyerahan hewan qurban, Jumat, 14 Juni 2024, yang di pusatkan di halaman kantor Bupati setempat. 

Safitri menjelaskan, untuk Kecamatan Waesama satu ekor sapi yaitu masjid Al Falah Desa Lena, dan untuk Kecamatan Leksula satu ekor sapi yaitu Masjid Desa Nalbesi serta untuk Kecamatan Ambalau satu ekor sapi yaitu Masjid Desa Masawoy. Sedangkan bantuan hewan qurban untuk Kecamatan Kepala Madan berjumlah satu ekor sapi yaitu Masjid Al Hijrah Desa Waekeka. 

" Kegiatan berqurban di hari raya Idul Adha merupakan salah satu upaya untuk menghilangkan jurang pemisah antar si kaya dan si miskin, " tutur Soulisa. 

Orang nomor satu di negeri yang kental dengan budaya Kai Wait ini, mengajak kita untuk terus tingkatkan kebersamaan, kerukunan serta persatuan dan kesatuan antar umat beragama di Kabupaten Bursel, sebagai suatu kekuatan yang besar dalam menghadapi dinamika masyarakat untuk bangkit membina dan mereformasi sikap mental umat beragama sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama islam. 


" Saya berpesan kepada semua yang hadir agar pada saat pelaksanaan qurban hendaknya pendistribusian daging qurban dapat dibagikan kepada pihak-pihak yang berhak menerimanya, utamakan pada kaum dhuafa dan masyarakat sekitarnya, " ucap Malik. 

Malik juga mengajak umat untuk terus tingkatkan kebersamaan, kerukunan serta persatuan dan kesatuan antar umat beragama di Kabupaten Bursel, sebagai suatu kekuatan yang besar dalam menghadapi dinamika masyarakat untuk bangkit membina dan mereformasi sikap mental umat beragama sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama islam. 


" Saya berpesan kepada semua yang hadir agar pada saat pelaksanaan qurban hendaknya pendistribusian daging qurban dapat dibagikan kepada pihak-pihak yang berhak menerimanya, utamakan pada kaum dhuafa dan masyarakat sekitarnya, " kata Malik. 

Sementara itu, laporan Ketua Panitia Hari-hari Besar Islam Abdul Muthalib Laitupa  dalam laporannya membeberkan Bantuan hewan kurban dari Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) lingkup Pemkab Bursel sebanyak 11 ekor sapi, bantuan hewan qurban dari dharma wanita persatuan Kabupaten Bursel satu ekor sapi, bantuan hewan qurban dari tim pengerak PKK Kabupaten Bursel satu ekor sapi bantuan hewan kurban dari PHBI Kabupaten Bursel satu ekor sapi. 


" Hewan qurban diserahkan secara simbolis oleh ibu Bupati dan Sekda untuk beberapa Desa dalam kota Kecamatan Namrole, sedangkan desa-desa lain di luar ibu kota Namrole telah di sampaikan di desa masing-masing, " ucap Laitupa. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post