Close
Close

Bupati Bursel Di Minta Serius Di Sisa Masa Jabatannya

Namrole, SBS
Bupati Kabupaten Buru Selatan ( Bursel ) Safitri Malik Soulissa di minta untuk serius di sisa masa akhir jabatannya. 


Harapan tersebut dikemukakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Buru Selatan ( Bursel ) Muhajir Bahta, dalam paripurna hari ulang tahun Kabupaten yang ke 16, Sabtu, 20 Juli 2024, di ruang rapat paripurna. 

" Kami minta ini di teruskan kepada saudara Bupati, untuk betul-betul serius, betul-betul komitmen membangun negeri ini, di periode terakhir anggota DPRD periode 2019-2024 dan periode terakhir pasangan SMS-GES. Maka seharusnya itu menjadi refleksi bersama, " kata Bahta. 


Dirinya mengaku kecewa dengan ketidak hadiran Bupati perempuan pertama di Maluku ini. "Sangat tidak elok seorang Bupati tidak hadir dalam rapat paripurna hari ulang tahun Kabupaten ke 16.


"Atas nama pimpinan dan anggota DPRD lewat rapat paripurna tadi kami memberikan atensi keras kepada saudara Bupati, bahwa sesungguhnya kami kecewa rapat paripurna jangan dimaknai itu 20 anggota DPRD tapi itu jelmaan rakyat Bursel dalam situasi momentum HUT, memang pasti ada anggota DPRD yang tidak hadir tapi sebagai seorang pemimpin itu harus hadir," kata Ketua DPRD Bursel ini.


Dirinya membeberkan, sebagai wakil rakyat dan ketua partai. Dia juga punya kepentingan politik untuk harus ada di Jakarta, tapi ia lebih memilih harus ada di sini untuk menghadiri hari ulang tahun karena sesungguhnya optimisnya kesejahteraan rakyat itu dibangun dari integritas seorang pemimpin.


"Kata-kata seorang pemimpin penting untuk merefleksikan perjalanan ulang tahun hari ini sehingga tadi lewat rapat paripurna kami memberikan teguran tegas dan atensi bahwa sejujurnya tadi rapat paripurna cuma kami buka lalu tutup, tapi lewat kebijaksanaan pendekatan dengan teman-teman fraksi dan komunikasi dengan Pemda kita jalan saja meski wakil bupati yang hadir," ujar Muhajir. 


Adapun atensi keras yang disampaikan kepada Bupati dengan maksud, agar Bupati lebih serius membangun Bursel dan menuntaskan visi dan misinya saat kampanye.


"Bupati harus serius untuk menuntaskan visi misinya, menuntaskan janji politiknya," tutur Bahta 

Sebab, kehadiran seorang Bupati di ruang Paripurna itu justru menyemangati rakyat Bursel, menyemangati DPRD untuk berkolaborasi, untuk bersinergi membangun Bursel ke arah yang lebih baik.


"Jadi sinergi kita itu sebenarnya pada posisi kita masing-masing DPRD dalam konteks fungsi dan tugas dan mengontrol seluruh aktivitas Pemda itu mesti mengedepankan sikap kritis dalam menyikapi seluruh problem kebijakan yang ada di Bursel," ucap Muhajir yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD ) partai Nasional Demokrat ( Nasdem ). 


"Kalau kita mendengar sambutan Bupati yang dibacakan oleh saudara Wakil Bupati ( Wabup ) itu sebenarnya hanya sebuah kata-kata bijak karena jalan yang disampaikan tadi 600 KM kalau coba kami ukur berapa juga jalan yang dipakai berapa yang tidak. Kami sadar betul uang daerah ini kecil dan itu tantangan pembangunannya maka yang dibutuhkan adalah seorang Bupati yang fokus," kata Bahta.


Apalagi hingga saat ini, DPRD belum terlalu melihat keseriusan Bupati sehingga pihaknya berharap, di momentum ulang tahun hari ini bisa menjadi refleksi titik balik untuk melihat bagaimana giginya perjuangan para pejuang pemekaran kabupaten Bursel. 


"Perjuangan para pahlawan ini harus di kita refleksikan sehingga rasa memiliki itu lahir dari sanubari yang paling dalam. Tidak ada maksud lain, suka tidak suka sekali lagi tapi itu koreksi kami kepada seorang Bupati untuk betul-betul serius disisa masa jabatan yang ada ini," tutur Muhajir. 


Ia menyebut, jika bicara refleksi dari sisi kebijakan DPRD, maka refleksi dari sisi perjalanan pencapaian target visi misi pembangunan.


Di momentum HUT ke 16 itu, Orang nomor satu di DPRD Bursel ini lebih tegas menyampaikan bahwa Bupati Bursel, Safitri Malik Soulisa adalah harapan rakyat Bursel yang harus dijawab dengan menuntaskan visi-misi.


"Saudara Bupati pernah berjanji untuk rakyat Bursel yang sudah kami perkenalkan dalam bentuk visi misi melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ), kami tidak berharap banyak, tetapi sekiranya Bupati serius saja untuk betul-betul bekerja dan merealisasikan visi misinya, kami yakin tidak mungkin sukses 100% tapi keseriusan saudara-saudara itu menunjukkan dedikasi saudara kepada negeri ini," ucap Muhajir. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post