Close
Close

Gerakan Kolaborasi Bursel Bicara Data

Namrole, SBS
Badan Pusat Statistik ( BPS ) Kabupaten Buru Selatan ( Bursel ) gelar sosialisasi Gerakan Kolaborasi Bursel Bicara Data, Selasa, 16 Juli 2024, yang di pusatkan di Aula Gedung Serbaguna Namrole. 


Wakil Bupati ( Wabup ) Kabupaten Bursel  dalam sambutannya saat membuka sosialisasi tersebut menyebut, Agenda global yang dikenal dengan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan ( SDGS ) bertujuan untuk mencapai 17 tujuan dan 169 indikator pembangunan guna mendorong kesejahteraan dan perdamaian bagi semua orang,  termasuk mereka yang bekerja di sektor pelayanan publik pemerintah. 


" Sistem pemerintahan berbasis elektronik di gaungkan untuk mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu dan menyeluruh untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi, " ujar Wabup. 

Menurut Gerson, data ini harus mudah di akses dan dibagikan antara instansi pusat, daerah dan seluruh masyarakat. SDI didirikan sebagai platform pengumpulan data nasional yang telah ditentukan dan juga akan mengembangkan portal yang dapat di akses dari internet. 


BPS Kabupaten Bursel yang berwenang sebagai pembina data, dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo ) sebagai walidata,  Bappelitbang Kabupaten Bursel sebagai forum data dan seluruh OPD di Kabupaten Bursel sebagai produsen data. 


" Dalam mewujudkan SDI di Kabupaten Bursel, peran seluruh pimpinan stakeholder sangat di butuhkan, agar menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah di akses, " tutur Selsily. 


Pihaknya mengaku, Gerakan kolaborasi Bursel bicara data merupakan forum yang menjadi wujud nyata sinergitas dan komitmen BPS Kabupaten Bursel, Bappelitbang Kabupaten serta seluruh OPD produsen data, untuk menghasilkan satu data di Kabupaten Bursel melalui kolabarasi dan sinergitas yang di bangun, diharapkan dapat menghasilkan data sektoral yang komperensif guna perencanaan dan pengambilan kebijakan untuk Bursel lebih maju dan berkembang. 

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada BPS Kabupaten Bursel atas kontribusi untuk pembangunan melalui data-data yang di hasilkan, " ucap Eliaser. 


Dirinya berharap kerja sama yang selama ini terjalin antara BPS dan Pemerintah dapat terus di pertahankan bahkan di tingkatkan. Pemda Bursel juga berkomitmen dan siap mendukung BPS dalam kegiatan sensus/survei untuk menghasilkan data yang berkualitas bagi pembangunan Bursel yang berkualitas. (AJP)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post