Close
Close

Wabup Bursel Harap PD Panca Karya Normalisasi Sungai

Namrole, SBS
Perusahaan Daerah ( PD ) Panca Karya yang beroperasi di sekitar Dusun Fatiban, Desa Hote, Kecamatan Waesama, di harapkan dapat segera menormalisasi sungai yang menjadi lalu lintas perusahaan kayu logging tersebut. 

Hal tersebut dikemukakan Wakil Bupati ( Wabup ) Bursel Gerson Eliazer Selsily, kepada wartawan, Selasa, 9 Juli 2024, seusai meninjau lokasi banjir yang awal Juli lalu merendam puluhan rumah warga di Dusun Fatiban, akibat meluapnya air sungai tersebut. 


Harapan orang nomor dua di Negeri Lolik Lalen Fedak Fena ini bukan tanpa sebab, namun untuk menghindarkan dampak banjir yang dapat merendam rumah warga di sekitar Dusun Fatiban. 


" Jalur sungai ini di lalui oleh mobil perusahaan kayu sehingga kami harus berkordinasi dengan perusahaan untuk segera melakukan proses normalisasi sungai sehingga air bisa jalan pada jalur utamanya dan tidak terpencar ke sana ke mari dan masuk ke pemukiman penduduk, " kata Selsily. 


Menurutnya, mungkin harus di buat semacam bronjong untuk mengalihkan jalur air pada jalur utama, sehingga tidak berdampak langsung kepada masyarakat.


" Kita tadi melihat ada rumah yang terendam air, akibat luapan air sungai, dimana air masuk lewat jalan yang dilalui jalan logging, kami harap ini menjadi tanggung jawab perusahaan untuk segera melalukan proses pengalihan air, bila perlu sampai pembangunan bronjong. Kehadiran kami, karena kami punya rasa memiliki terhadap kehidupan masyarakat terutama di dusun Fatiban, " ujar Gerson. 

Sementara itu, perencanaan PD Panca Karya Sugiansa yang turut hadir bersama melihat langsung kondisi di lokasi tersebut mengaku akan upayakan segera untuk menormalisasi sungai ini.  


" Setidaknya kami pindahkan jalur sungai yang ada ke jalur utamanya mungkin dengan pembuatan bronjong untuk meninggikan pinggiran sungai, " tutur Sugiansa. 


Pantauan wartawan, turut hadir dalam peninjauan lokasi terdampak banjir di Dusun Fatiban antara lain Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda ) yang di pimpin Wakil Bupati ( Wabup ) Bursel Gerson Eliazer Selsily bersama Kepolisian Resor ( Polres ) Buru Selatan ( Bursel ) yang di pimpin Ajun Komisaris Besar Polisi ( AKBP ) M Agung Gumilar, Sekretaris Daerah ( Sekda ) Bursel Ruslan Makatita, Komandan Peleton ( Danton) 735 Nawasena Letnan Dua ( Letda ) Inf Akbar, Kepala Kepolisian Sektor ( Polsek ) Inspektur Dua ( Ipda ) Novi Waelauruw, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) lingkup Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Bursel. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post