Close
Close

Paska Mendaftar, Tiga Paslon Kepala Daerah Siap Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Namrole, SBS
Paska mendaftar, tiga Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Kabupaten Buru Selatan (Bursel), pada Kamis, 29 Agustus 2024, akan segera menjalani pemeriksaan kesehatan, pada 1-2 September 2024, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haulussy, Ambon. 


Hal tersebut dikemukakan Kepala Divisi (Kadiv) Teknis Penyelenggara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bursel Imran Loilatu, kepada media ini, Jumat, 30 Agustus 2024, di Namrole. 


"Sesuai jadwal dan teknis pentahapan, paska mendaftar, Paslon harus memasukan surat keterangan sehat jasmani sebelum di tetapkan sebagai calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.. Jadi, tiga Paslon Bupati dan Wabup wajib melakukan tes kesehatan di Ambon, " kata Imran. 


Ketiga Paslon Bupati dan Wabup Bursel yang akan menjalani pemeriksaan kesehatan diantaranya, Safitri Malik Soulisa-Hemfri Lesnussa (SAH), La Hamidi -Gerson Eliaser Selsily (LHM-GES) dan Abdul Haris Wally - Elissa Ferianto Lesnussa (Wally-Nussa).


"Ketiga Paslon Wajib melakukan tes kesehatan di RSUD Haulussy Ambon pada 1 dan 2 September 2024," tutur Loilatu kepada wartawan, Jumat, 30 Agustus 2024, di Namrole. 


Menurutnya, pemeriksaan kesehatan bagi ketiga Paslon Bupati dan Wabup Bursel  sesuai jadwal dimulai sejak 27 Agustus 2024. Namun karena selama dua hari (27 dan 28 Agustus 2024) nihil yang mendaftar. Maka pemeriksaan kesehatan Paslon Bupati dan Wabup akan dimulai 29 Agustus hingga 2 September 2024.


"Jadi Paslon hanya bisa melakukan tes kesehatan di 2 September 2024, mengingat  1 September 2024, itu hari Minggu dan tidak ada pelayanan karena dokter libur," kata Imran. 


Adalah, ketiga paslon Bupati dan Wabup Bursel yang maju di Pilkada serentak tahun 2024, yaitu, Safitri Malik Soulisa dan Hemfri Lesnussa (SAH) diusung empat Partai Politik (Parpol), yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tiga kursi, Partai Golongan Karya (Golkar) dua kursi, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dua kursi dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dua kursi dengan jumlah perolehan kursi DPRD Kabupaten Bursel sebanyak sembilan. 


Selain partai tersebut, ada juga partai non seat yang mendukung Paslon Bupati dan Wabup Bursel berjargon SAH ini seperti Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Ummat.


Sedangkan Paslon La Hamidi-Gerson Eliaser Selsily (LHM-GES), keduanya diusung lima Parpol yakni Partai Amanat Nasional (PAN) tiga kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dua kursi dan di dukung partai non seat (tidak memiliki kursi) seperti Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gelombang Rakyat (Gelora) serta Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).


Sementara, Abdul Haris Wally dan Elissa Ferianto Lesnussa (Wally-Nussa), diusung tiga Parpol yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dua kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dua kursi dan Partai Demokrat dua kursi.


Tak cukup itu, pasangan Wally -Nussa juga didukung sejumlah Parpol non seat diantaranya, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post