Close
Close

Pastikan Pengambilan Nomor Urut Paslon Tanpa Diskriminasi, KPU Bursel Gelar Rakor

Namrole,SBS
Guna memastikan  pengambilan nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup), Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten

Bursel, Minggu, 22 September 2024, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan pleno terbuka pengambilan nomor urut Paslon, dengan para penghubung atau Liaison Officer (LO) ketiga Paslon, yang telah ditetapkan memenuhi syarat, di Aula Kantor KPU Bursel, Desa Kamlanglale, Kecamatan Namrole. 


"Sebagaimana kita sebelum melaksanakan pleno terbuka pengundian nomor urut, besok (Senin, 23 September 2024), ada materi dan beberapa hal yang perlu disampaikan dari penyelenggara dan Kepolisian Resor (Polres) ,untuk mengoptimalkan kondisi besok, " kata Ketua KPU Kabupaten Bursel, Husni Hehanussa, Minggu, 22 September 2024, saat membuka Rakor persiapan pleno terbuka pengambilan nomor urut Paslon. 


Orang nomor satu di KPU Bursel ini menjelaskan, mekanisme  pengambilan nomor urut, pada saat pleno terbuka nanti, sebelum mendapatkan nomor urut, Paslon diberikan kesempatan untuk mengambil nomor antrian terlebih dahulu. 


Hehanusa menuturkan, bagi siapa yang nomornya terkecil, berarti dia yang berhak mengambil nomor urut pertama. Sedangkan siapa yang ambil nomor antri duluan, itu berdasarkan surat dinas yang masuk di kami bahwa yang mengambil nomor antri duluan, itu sesuai dengan paslon siapa yang hadir duluan di sini. 


"Bagi orang yang pertama hadir, kami akan persilahkan dia yang pertama mengambil nomor antrian itu. Berdasarkan kami rapat kemarin itu ada 14 nomor dari 1 sampai nomor 14, jadi nanti nomor yang terkecil yang dia mengambil nomor undi duluan, " ujar Husni. 


Komisioner KPU Bursel ini mengaku, setiap Paslon harus menghadiri acara penetapan calon. Untuk setiap pengundian nomor urut itu. 


Adalah Kepala Divisi (Kadiv) Teknis Penyelenggara, KPU Bursel Imran Loilatu bahwa rakor ini untuk menyiapkan mekanisme terkait pengambilan dan penetapan nomor urut bagi pimpinan parpol dan paslon Bupati dan Wabup Kabupaten Bursel, 


"Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk ketertiban demi pengundian nomor urut berjalan aman dan damai, tanpa ada diskriminasi, " ucap Imran. 


Menurutnya, rakor kali ini, untuk menjelaskan pengundian nomor urut, dan penetapan nomor urut serta penertiban lalu lintas yang akan disampaikan kepolisian. 


"Diputuskan untuk peserta dari masing-masing Paslon sebanyak 15 orang ditambah Bupati dan Wabup jadi 17 orang. Jadi teman-teman penghubung diharapkan dapat mengaturnya, " ujar Loilatu. 


Dia menyebut, paska nomor urut diambil, pihaknya akan melakukan penetapan sesuai dengan keputusan KPU Bursel tentang pengundian nomor urut dari setiap paslon Bupati dan Wabup. 


Pantauan media ini, koordinasi terjalin cukup baik antara LO dan pihak penyelenggara pemilu. Dimana, KPU telah memutuskan untuk membatasi jumlah peserta dari setiap Paslon yang dijinkan masuk ke KPU setempat. 


Sementara, untuk memberikan perlakuan yang sama kepada pendukung setiap paslon,    Kepolisian juga melakukan penarikan undian untuk menetapkan masa pendukung paslon mana akan melintasi rute mana saja, sehingga proses pengambilan nomor urut bisa berjalan dengan lancar dan aman. 


Ssedangkan, Kepala Bagian (Kabag) Operasi (Ops) Kepolisian Resor (Polres) Bursel Ajun Komisaris Polisi (AKP) Obed Nego Remialy, menyebut, pembagian undi untuk penghubung ketiga paslon, untuk memberikan rasa keadilan kepada masing-masing paslon. 


"Sehingga tidak ada yang mengatakan,  mengapa kepolisian menspesialkan kandidat tertentu, karena kita sudah menyaksikan bersama, pengambilan undi untuk rute lalu lintas yang bakal dilalui ketiga Paslon tersebut secara terbuka, " tutur Remialy. 


Tampak masing-masing penghubung dari ketiga Paslon maju dan mengambil nomor undi untuk menentukan jalur lalu lintas mana yang akan dilintasi masing-masing paslon, saat akan menghadiri pleno terbuka, pengambilan nomor urut dan untuk mengikuti deklarasi kampanye damai, pada 25 September 2024 mendatang. 


Nampak penghubung LHM-GES Ichsan Laisouw yang mendapatkan nomor undi satu akan masuk ke KPU, via jalan dari arah pasar Kai Wait, hingga melintasi gedung serbaguna, sedangkan yang mendapatkan nomor undi dua adalah SAH yang diwakili Abdulrahim Latuconsina dan nomor undi tersebut akan melintasi jalur depan Sekretariat Partai Amanat Nasional (PAN) dan titik kumpul di depan Kantor Bupati Bursel dan penghubung paslon Wally- Nussa Sunardi Gura dengan nomor urut tiga, akan masuk dari arah Bawaslu menuju pertigaan Bank Maluku-Maluku Utara (Malut). (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post