Close
Close

Ratusan Personel Polres Bursel Ikut Rikkes Berkala

Namrole, SBS
Ratusan Personel Kepolisian Resor (Polres) Buru Selatan (Bursel), ikut pemeriksaan kesehatan (Rikkes) berkala, Jumat, 6 September 2024, yang dipusatkan di gedung B, Polres setempat. 


Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Buru Selatan (Bursel) Komisaris Polisi (Kompol) Syarifuddin, Jumat, 6 September 2024, kepada wartawan, mengaku Rikkes berkala guna mempersiapkan personel Kepolisian Resor (Polres) Bursel untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Bursel. 


 "Pemeriksaan kesehatan (Rikkes) yang dilaksanakan oleh personel polres Bursel ini, guna mengetahui kondisi kesehatan personel sejauh mana kesiapan personel dalam rangka melaksanakan operasi mantap praja salawaku 2024, dalam rangka Pilkada serentak tahun 2024," kata Syarifuddin. 

Wakapolres berharap dalam pelaksanaan operasi, secara keseluruhan dapat mengetahui kondisi kesehatan personel Polres Bursel, yang bisa kita pakai untuk melakukan kegiatan operasi, sehingga tidak terkendala lagi saat melaksanakan tugas pengamanan pilkada nanti. 


Dia menyebut untuk rikkes berkala ini, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menunjuk Biddokkes Polda Maluku Pamin Urmintu Inpektur Polisi Dua (IPDA) Agustinus Rupilu untuk melalukan rikkes bersama pihak ketiga, Tirta Medikal Check Up untuk wilayah Maluku yaitu Tirta Medical Center. 


Syarifuddin menuturkan, hari ini jadwal Polres Bursel untuk melakukan rikkes secara berkala. Sesuai surat telegram Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Nomor ST/298/VIII/KES.3.2/2024 tanggal 7 Agustus, tentang pemberitahuan rikkes berkala bagi personel Polres Tahun 2024, 


"Pemeriksaan meliputi pemeriksaan lengkap meliputi fisik, jantung, mata, gigi, darah, urin dan tes psikometri Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), yang bisa diakses secara digital, " ucap pria dengan satu melati emas dipundak ini. 


Menurutnya, rikkes berkala seharusnya di laksanakan sampai ke Polisi Sektor (Poksek), namun terkendala transportasi. Selain itu, kuota yang tersedia di sini hanya  untuk 109 personel. 


"Kami berharap, dengan rikkes berkala, yang dilakukan saat ini, para personel mengetahui tingkat kesehatan yang dimiliki, sebab ini sangat berpengaruh, pada pengamanan pilkada nanti, " tutur Syarifuddin. 

Sementara itu, perawat pada Tirta Medical Center  Titi Puspitasari menyebut, pihaknya belum dapat mengeluarkan hasil rikkes personel Polres Bursel. 


"Kami biasanya rilis hasil rikkes setelah lima hari kerja, sehingga belum diketahui hasil rikkes ratusan personel Polres Bursel ini, " ujar Puspitasari. 


Untuk diketahui, rikkes yang dimulai sejak pukul 07.00 WIT itu diikuti 109 personel Polres Bursel, dari pangkat terendah Brigadir Polisi Satu (Briptu) hingga Pejabat Utama (PJU) Polres Bursel. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post