Close
Close

KPU Bursel Tetapkan Debat Kandidat Tiga Kali

Namrole, SBS
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) telah  menetapkan jadwal kampanye debat kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bursel sebanyak tiga kali.


"Penetapannya sesuai dengan Surat Keputusan KPU Nomor 453 tahun 2024 entang penetapan pelaksanaan kampanye untuk pemilihan Bupati dan Wabup Bursel, " ujar Kepala Divisi (Kadiv) Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih), Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat  (Parmas), Mahyudin Tomia, kepada Suara Buru Selatan, Kamis, 10 Oktober 2024, via telepon selulernya. 


Ia mengaku, debat kandidat pertama dijadwalkan pada 14 Oktober, debat kedua pada 21 Oktober dan debat ketiga pada 28 Oktober 2024 yang direncanakan akan dilangsungkan, di Gedung Serbaguna Kota Namrole. 


"Saat ini saya di Ambon dalam rangka koordinasi dengan stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI), KPU Provinsi dan tim perumus, terkait persiapan debat kandidat tersebut. " kata Mahyudin. 


Dia menuturkan, debat pertama diperuntukkan untuk Bupati, debat kedua untuk Wakil dan debat ketiga untuk Bupati dan Wakil Bupati, dengan menghadirkan panelis dari Universitas Pattimura Ambon. 


Adapun untuk tema akan disusun oleh tim perumus, dengan mempertimbangkan visi misi dari paslon dan Rancangan Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rancangan Program Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bursel, tapi tidak lepas dari  kordinasi dengan KPU. 


"Setelah kita kordinasi dengan TVRI, terkait debat kandidat kedua, ternyata pada tanggal yang telah ditetapkan KPU Bursel, TVRI sudah ada jadwal dengan kabupaten lain dengan agenda yang sama. Sehingga nanti setelah saya balik, akan kami bicarakan dengan Event Organizer (EO) Dhaffa Enterprise, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Kepolisian Resor (Polres) juga Liaison Officier (LO) untuk pelaksanaannya di undur, inilah kondisi yang terjadi, " tutur Tomia. 


Dia menyebut, untuk kepastian waktu, memang belum bisa diputuskan saat ini. Sebab, bisa saja debatnya diundur pada 23 Oktober, tapi karena belum dibicarakan, bisa lagi mundur di 24 Oktober 2024. (Yul)

Beri Komentar Anda

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!

Previous Post Next Post